Senin, 08 Maret 2010

TIPS MENGAHAPI PSIKOTES

TIPS MENGHADAPI PSIKOTES ATAU TPA ATAU TES PSIKOLOGI

Bagi anda yang dipanggil untuk menjalani psikotes , sebaiknya anda memperhatikan beberapa saran dan tips di bawah ini.

Sebelum Tes

1. Anda hrus yakin trlebih dulu, bahwa posisi/pekerjaan yg akan lewat psikotes itu bener-bener seseuai dengan kemampuan anda, dan sebaiknya jg sesuai dengan keinginan anda.
2. Persiapkan dri dengan istirahat yg cukup . sringkali , sseorng sbenarny mampu mengarjakn tes . Namun ,ketegangan atau beistirahat satu atau dua hari sebelumnya agar kondisi fisik menjadi prima .
3. Pastikan anda sudah tahu tempat tes . Disarankan beberapa tes sebelum tas , anda sudah mengtahui tmpatnya , bahkan sudah melihat tempatnya.
4. Baca kmbali surat lamaran dan CV anda , karena ada beberapa tes yang menanyakan hal-hal yg berkait dengan surat lamaran dan CV anda .jangan samapi jawannya berbeda dengan CV anda.
5. Sebaiknya anda berlatih berbagai soal psikotes , sehingga anda menjadi benar –benar siap menghadapi psikotet dengan hasil maksimal. Andan dapat menggunakan “Latihan Psikotes “ pada situs ini untuk brlatih brbagai soal psikotes .
6. Sebelum berangat ke tempat tes , berdoalah terlebih dulu sesuai keyakinan anda.
7. Usahakan untuk tiba sepuluh menit lebih awal , dan jangan terlambat juga sebelum berangat , jangan lupa untuk makan dan minum secukupnya agar kondisi fisik tetap prima .
8. Walaupun tidak diminta , jangan lupa untuk membawa peralatan tulis-menulis (pensil , penghapus , pena , dsb-nya ) dan membawa jam ( penujuk waktu ) .

Pada Saat Tes

1. Umumnya , pada setiap lembar jawaban / soal psikotes , anda diminta mengisi nama , tanggal , dsb –nya . Begitu anda diperbolehkan untuk mulai mengisi , jangan lupa dan jangan menunda untuk mengisinya , serta isilah dengan lengkap dan rapi .
2. Dengarkan baik-baik setiap “ Ucapan / pengarahan “ dari pengawas tes , dan ikut semua arahan /petunjuknya . Demikian juga yang ada di setiap soal tes , jangan lupa untuk membaca petunjuk tersebut terlebih dulu , barulah anda mengerjakan soal tes –nya . Jadi jangan langsung mengisi / menjawab soal yang ada , tampa membaca /mengatahui cara / petunjuk pengisiannya.
3. Jangan enggan untuk bertanya ke pangawas tes .Bila ada sedikit saja yang anda tidak mengerti mengenai soal tersebut , maka langsung tanyakan ke pengawas tes yang ada . Dan jangan pernah bertanyan ke peserta di kanan-kiri anda , tetepi bertanyalah ke pegawas tes yang ada .
4. Jangan melihat jawaban orang lain , karen akan membuat hasil andan bertentangan dengan kondisi pribadi yang sesungguhnya. Istilah apa adanya , untuk soal tertentu , jawablah yang mudah terlebih dulu .

Bersikap Percaya Diri

Ada ekspresi khas dalam wawancara pekerjaan dari kebanyak lulusan Universitas , bila ditanyaan , “Bagaimana kamu melihat hidupmu tiga tahun mendatang ?” . Pengalaman saya jarang menemukan sarjana baru yang secara spontan menggambarkannya dengan baik apa yg ada dlam pikirannya . Kebnyakan malah membrikan reaksi dengan body-language yg standar : mata melirik ke atas ( seolah –olah mencari cicak di langit-langit ) , kemudian memandangi lago si pewawancara sambil tersenyum lebar , sembari kmudian brkata bingung , “ Bagaimana ya ?”

Ada banyak orang yang hidup bagaikan kepompong . Tidak tahu apa yang harus diperbuat dengan masa dpan hidunya . Mereka tidak mempunyai konsep diri yg jelas , sehingga ia merasa sendirian , gelap dan menatutkan . Padalal semuan kepompong mempunyai potensi ( potentia within ) untuk menjadi seekor kupu-kupu yg cantik . Kepompong trlalu cepat menghukum dirinya sndiri , ia tidak tahu bahwa dia hrus mengalami transformasi untuk menjadi kupu-kupu yg cntik .

Kita semua bukanlah kepompong . Kita semua tahu , suatu saat kita akan menjadi “kupu-kupu” yg cntik . Bukankah kita semua sudah dilengkapi dengan potensi dii masing-masing ? Yang kita pelukan sekarng adalah secara aktif masuk dalam proses “ Transformasi diri “ yg sebnarnya sangat terbuka dengan berbagai macam kemungkinan . Janga cepat menganggap Anda jalani.

Saran – Saran Menghadapi Wawancara

Bagi Anda pencari kerja yg dipanggil untuk menjalani wawancara kerja , sebaiknya Anda memperhatikan beberapa saran di bawah ini .
1. Pastikan anda sudah tahu tempat wawancara .
2. Jika tidak dibertahu terlebih duhulu jenis pakaian apa yg harus dipakai , maka digunakan pakaian yg bersifat formal , bersih dan rapi .
3. Mempersiapkan diri menjawab pertanyaan-pertanyaan yg mungkin akan diajukan pewawancara .
4. Usahakan untuk tiba sepuluh menit lebih awal , jika terpaksa terlambat karena gangguan di perjalanan segera beritahu perusahan ( pewawancara ) .
5. Sapa satpam atau pesepsionis yng anda temui dengan ramah .
6. Jika harus mengisi formulir , isilah dengan lengkap dan rapi .
7. Ucapkan salam ( selamat pagi / siang / sore ) kepada para pewawancara dan jika harus berjabat .
8. Tangan jabatlah dengan erat ( tidak terlalu keras namun tidak lemas ) .
9. Tetaplah berdiri sampai anda dipersilahkan untuk duduk . Duduk dengan posisi yg tegak dan seimbang .
10. Persipkan surat lamaran CV anda .
11. Ingat dengan baik nama pewawancara .
12. Lakukan kontak mata dengan pewawancara tetap fokus pada pertanyaan yang diajukan pewawancara .
13. Tetap fokus pada prtanyaan yang diajukan pewawancara .
14. Tunjukkan antusiasme dan ketertarikan anda pada jabatan yang dilamar dan pada perusahan .
15. Gunakan bahasa formal , bukan prokem atau bahasa gaul : kecuali anda diwawancarai untuk mempu menggunakan bahasa trsebut .
16. Tampilkn hal-hal positif yang pernah anda raih .
17. Tunjukan energi dan rasa oercaya diri yang tinggi .
18. Tunjukan apa yg bisa anda prbuat untuk perusahan bukan apa yg bisa diberikan oleh perusahaan kepada anda .
19. Jelaskan serinci mungkin hal-hal yang ditanyakan oleh pewawancara .
20. Ajukan beberapa pertanyan bermutu diseputar pekerjaan anda dan bisnis perusahan kepada anda.
21. Berbicara dg cukup keras sehingga suara jelas terdengar oleh pewawacara.
22. Akhiri wawancara dg menanyakan apa yg harus anda lakukan selanjutnya.
23. Ucapkan banyak terima kasih kepada pewawancara atas waktu dan kesempatan yang diberikan kapada anda .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar